Deface POC Responsive File Manager (RFM)


Hallo,
Selamat datang di Evil Twin - Blog, Oke pada artikel kali ini Saya ingin memberikan tutorial deface lagi yaitu Deface POC Responsive File Manager atau biasa disebut RFM.

Metode ini sebenarnya sudah ada sejak lama, Namun masih sangat banyak sekali website-website yang menggunakan RFM ini untuk mengelola file ataupun folder di dalam websitenya, Padahal sangat rentan sekali dijahili oleh para Defacer (eg: Upload shell etc)

Oke langsung aja ke tutorialnya.

Mencari Target

Seperti tutorial deface pada umumnya, Tahap pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencari target. Kamu bisa mencari targetnya menggunakan Google dork dibawah ini:
inurl:/filemanager/dialog.php
inurl:/weven_asset/filemanager/dialog.php inurl:/assets/filemanager/dialog.php inurl:/filemanager intext:"dialog.php"
Note : Kembangin lagi biar dapat banyak website vuln.

Upload Shell

Jika sudah menemukan target, Maka tahap selanjutnya tinggal mencoba meng-upload shell backdoor. Kebanyakan website akan menolak jika user mengunggah file yang bisa merusak website itu sendiri, Contohnya : php, phtml, aspx (Jika suppport) dan masih banyak lagi.


Disitu Saya mencoba mengunggah 2 file yaitu eviltwin.php dan fadly.phtml, Terlihat jelas penolakan kedua extensi ini dari output "허용되지 않는 확장자입니다." jika di translate menggunakan bahasa Indonesia adalah "Ekstensi tidak diizinkan."

Nah, untuk mengakali ini Saya menemukan cara agar file tersebut bisa masuk/ter-upload ke website target yaitu dengan inject filename. Bagaimana caranya? sangat mudah, Kamu hanya perlu mengganti extensi shell Kamu menjadi : shellname.php<?.jpg


Saya coba rename menggunakan teks editor (Saya pakai Notepad++) extensi tersebut tidak valid, Maka dari itu Saya menggunakan command di Git Bash aja.


Outputnya beda sama yang tadi, Coba cek filenya berhasil terupload atau nggak.


File berhasil masuk yaaa, extensi nya juga berubah menjadi .php, Tinggal akses aja deh shellnya.

Akhir Kata

Oke mungkin cukup sampai disini aja artikel tentang "Deface POC Responsive File Manager (RFM)".
Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan Sebagainya, Mohon dimaklumi karena Saya juga masih dalam tahap belajar.

Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa di artikel selanjutnya!